Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Langkah Untuk Menjadi YouTuber Sukses

Cara menjadi youtuber sukses

Ada konsekuensi umum bahwa memulai channel YouTube tidak lagi "layak" karena "semua jutawan telah lahir dari platform." Meskipun benar bahwa menjadi sensasi YouTube dalam semalam jarang terjadi, itu tidak berarti Anda tidak bisa menjadi besar di channel — itu hanya akan memakan waktu. 

Keberhasilan mantan influencer YouTube telah membuat pemasar mengubah cara mereka dapat menjangkau pemirsa mereka, jadi sebenarnya ini adalah mimpi yang sangat relevan untuk dimiliki channel Anda sendiri. Video platform telah menjalin dirinya ke dalam lipatan pemasaran banyak bisnis atau benar-benar siapa pun yang ingin berbagi suara dengan dunia.

Berikut adalah 11 langkah yang perlu Anda ambil untuk menjadi YouTuber yang sukses:

11 Langkah Untuk Menjadi YouTuber Sukses

1. Tentukan apa arti sukses bagi Anda

Banyak yang mendefinisikan kesuksesan dalam hal uang, tetapi ada yang lebih dari itu. Jika Anda mendapatkan banyak uang dengan melakukan pekerjaan yang Anda benci, apakah Anda akan menganggap diri Anda sukses meskipun Anda kurang puas?

Sukses datang dalam berbagai bentuk, dan terserah Anda untuk menentukan bagaimana Anda mengukur kesuksesan Anda.  

Baik itu mendapatkan jumlah penayangan yang lebih tinggi untuk video Anda, mendapatkan lebih banyak pelanggan YouTube, atau menghasilkan uang di YouTube, pertahankan ini sebagai fokus Anda - yang lainnya hanyalah bonus.

2. Tentukan niche untuk channel YouTube Anda

YouTube memiliki semua yang ingin Anda lihat di satu tempat. Ada banyak konten bagus, dan banyak konten buruk di luar sana. Rentangnya sangat besar, mulai dari video petunjuk, hingga humor dan ulasan. Anda harus memilih jenis konten yang akan Anda tawarkan di Channel Anda (mendidik, menghibur, atau menginspirasi) dan menyelaraskannya dengan tujuan Anda.

Setelah Anda menemukan fokus, lihat bagaimana Anda dapat membuat video menjadi unik menggunakan kepribadian merek Anda. Misalnya, Anda dapat menentukan topik, menjadi ahli, dan membuat video tentang topik tersebut di channel Anda. Sebagai seorang YouTuber, Anda harus selalu menunjukkan diri Anda yang sebenarnya kepada audiens Anda karena keaslian dan keunikan akan membedakan Anda dan memungkinkan pemirsa untuk terhubung dengan Anda. Pertimbangkan siapa audiens Anda untuk membuat konten menarik yang berbicara dalam bahasa mereka.

Bergantung pada saluran Anda, Anda mungkin ingin memberi diri Anda ruang gerak untuk juga membahas topik baru di industri Anda. Jangan ragu untuk mengikuti tren dan mengunggah video YouTube tentang topik itu.

3. Buat rencana peluncuran

Sekarang dengan rencana konten Anda diamankan, pikirkan tentang bagaimana Anda akan menjalankan pembuatan saluran dan segala sesuatu dalam usaha ini. Perlakukan ini seperti rencana bisnis dan kembali ke sana sesekali untuk memastikan Anda mematuhi standar yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri. Anda juga dapat memperlakukan bagian ini sebagai daftar tugas yang harus Anda selesaikan untuk membuat saluran YouTube Anda, seperti peralatan untuk menghasilkan video berkualitas. Contohnya termasuk kamera berkualitas tinggi, mikrofon, cincin cahaya, dan perangkat lunak perekaman. Karena itu, kamera ponsel juga merupakan titik awal yang bagus saat Anda memiliki anggaran terbatas.

Ini juga saat yang tepat untuk mencari tahu siapa lagi yang akan terlibat dengan saluran Anda. Intinya, buat garis waktu yang realistis untuk jadwal posting Anda, kumpulkan topik untuk konten Anda, dan pastikan Anda mengikuti garis waktu ini secara konsisten di sepanjang perjalanan Anda.

4. Buat saluran yang menonjol secara visual

Jika Anda mencoba mewujudkan YouTube untuk Anda, pastikan untuk melihat bagiannya. Karena medianya adalah visual, presentasi adalah kuncinya. Foto profil Anda, juga dikenal sebagai ikon saluran, dan gambar spanduk latar belakang saluran Anda harus memiliki dimensi yang benar. Pikirkan tentang menggunakan pembuat logo YouTube untuk gambar mini profil Anda dan ikuti kiat-kiat ini untuk membuat logo YouTube yang menonjol. Selanjutnya, buat nama channel Anda.  

5. Optimalkan untuk SEO

Menyiapkan SEO dengan benar untuk video YouTube Anda sangat penting. Karena Anda meluangkan waktu untuk memproduksi video, pastikan Anda memanfaatkannya sebaik mungkin dan membuat saluran Anda ditemukan.

YouTube adalah mesin pencari yang sangat canggih dan orang-orang sering menggunakannya untuk menemukan konten baru tanpa memikirkan pembuat konten tertentu. Ini berarti bahwa dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan, dilihat, dan dinikmati.

Jika ada video yang mirip dengan yang ingin Anda buat, lihat kata-kata persis yang Anda ketikkan untuk hasilnya. Kemudian cobalah sedikit variasi untuk melihat bagaimana hasilnya berubah sehingga Anda dapat melihat perbedaan yang bisa dihasilkan oleh satu atau dua kata. Teliti kata kunci yang ingin Anda gunakan, popularitasnya, dan kata kunci yang digunakan pesaing Anda.

Tips menggunakan SEO untuk menjadi YouTuber yang sukses:

  • Gunakan alat penelitian kata kunci seperti Ahrefs atau Google Keyword Planner untuk melihat kueri umum dan membuat video yang memiliki permintaan tinggi.
  • bacalah diskusi di tempat-tempat seperti Quora, ikuti Google Trends, dan aktiflah di grup media sosial yang relevan untuk memahami subjek mana yang "panas" saat ini di industri Anda. Ini akan memberi Anda ide topik untuk video YouTube Anda.
  • Dalam deskripsi video Anda, gunakan kata kunci target Anda 3-4 kali. Sertakan juga kata kunci dalam judul video Anda di awal untuk mengoptimalkan untuk seluler.
  • Gunakan analitik Anda untuk melihat kata kunci mana yang digunakan untuk menemukan saluran Anda sehingga Anda dapat menargetkan lebih banyak video tentang topik itu dan mungkin membuat serial.
  • Lihat saran pengisian otomatis sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak ide kata kunci untuk ditargetkan dan video untuk dibuat.

6. Tetap pada rutinitas pembuatan konten

Tidak peduli berapa banyak artikel tentang sukses di YouTube yang Anda baca, Anda akan selalu menemukan tip ini: Anda harus konsisten untuk melihat kesuksesan apa pun. Itu atau harapan untuk keberuntungan viral instan. Tentu, itu akan luar biasa, tetapi rute viral tidak dijamin.

Apa pun jenis konten yang Anda hasilkan, Anda ingin tetap konsisten dengan waktu dan jenis video Anda. Tetapkan jadwal kapan Anda akan merilis video dan cobalah untuk menaatinya.  

Rilis video secara konsisten pada hari dan waktu yang sama tidak hanya memberi tahu pemirsa kapan mereka dapat mengharapkan konten baru Anda, tetapi juga memberi Anda jadwal untuk dikerjakan dan dipatuhi. Konsistensi juga tentang memastikan konten yang stabil dan sesuai merek.

Katakanlah Anda mengikuti saluran kue di YouTube, tetapi episode terbaru tiba-tiba tentang liburan tuan rumah di Bali. Kontras yang mencolok dalam konten, terutama tanpa peringatan, sangat mengejutkan dan dapat membuat pemirsa setia bingung. Jika Anda ingin bereksperimen dengan konten Anda, sebaiknya beri tahu audiens Anda terlebih dahulu.

7. Bersikaplah lugas dalam video Anda

Anda tahu apa yang sama sekali tidak perlu untuk video YouTube? Penjelasan lima menit untuk sesuatu yang Anda dapat (dan ingin) tunjukkan kepada pemirsa Anda yang hanya membutuhkan waktu 30 detik. Kedengarannya lucu ketika diucapkan seperti itu, bukan? Sayangnya, ini sangat umum. Terus terang, orang tidak punya waktu bagi Anda untuk membuang waktu mereka, jadi lakukan saja.

Jika Anda merilis video petunjuk, Anda harus mencapai tujuan Anda secepat mungkin. Jelaskan tentang apa video itu dan kemudian selami. Inti dari video adalah untuk "menunjukkan" sesuatu kepada pemirsa Anda (jika mereka hanya ingin mendengarkan, mereka akan mendengarkan podcast.) Tentu saja, akan ada contoh di mana elaborasi lebih lanjut atau pemecahan masalah mungkin perlu disebutkan, tetapi simpan itu untuk nanti di video. Audiens Anda akan berterima kasih.

8. Tetap terinformasi tentang niche Anda

Saat mempresentasikan kepada audiens Anda, Anda ingin terlihat berpengetahuan tentang industri Anda. Ini memerlukan tetap mengikuti berita terbaru tentang niche dan rekan-rekan Anda. Mengikuti perkembangan industri Anda (termasuk kompetisi) dapat membantu Anda membuat konten yang relevan dan segar untuk pemirsa Anda. Menjadi pakar industri juga akan membantu Anda menjadikan diri Anda sebagai saluran "masuk" dalam bidang Anda.

9. Terlibat dengan komunitas Anda

Pelanggan Anda memainkan peran penting dalam kesuksesan saluran Anda, jadi pastikan Anda terlibat secara teratur dengan mereka. Ini lebih dari sekadar menjawab dan menyukai komentar mereka. Manajemen komunitas dapat menjadi pekerjaan tersendiri. Cara yang bagus untuk terlibat dengan komunitas Anda secara instan adalah dengan menyelenggarakan streaming langsung YouTube. Video langsung menjadi semakin populer, karena memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pemirsa Anda dan menunjukkan presentasi yang lebih jujur ​​dan spontan.

Fitur Live juga bagus untuk menyelenggarakan Tanya Jawab sehingga audiens Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka yang membara saat itu juga. Anda juga dapat membaliknya dan meminta pemirsa untuk meninggalkan pertanyaan di komentar, yang kemudian dapat Anda jawab di video berikutnya.

Selain YouTube, Anda juga harus terlibat dengan komunitas Anda di jaringan media sosial lainnya. Memanfaatkan berbagai platform tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk memasuki audiens baru, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda tersedia dan berkomitmen untuk komunitas Anda.

Beberapa cara untuk mengembangkan komunitas Anda meliputi:

  • Pastikan untuk menautkan dari satu jejaring sosial ke jejaring sosial lainnya. Ajakan bertindak (CTA) yang ditempatkan dengan benar di video Anda dapat membantu Anda mencapai tindakan ini.
  • Saat merilis video baru, Anda ingin mengumumkannya di semua saluran Anda yang lain. Plus, jangan lupa untuk menambahkan tautan ke video terbaru Anda.
  • Buat blog agar komunitas Anda tetap tertarik.
  • Buka forum online untuk melanjutkan percakapan.
  • Kirim buletin menggunakan Email Marketing untuk mempromosikan blog, pengumuman, atau pembaruan mingguan Anda.
  • Mulai podcast untuk membagikan ide Anda dalam format yang berbeda dan memberi tahu pendengar tentang saluran YouTube Anda.

10. Promosikan channel Anda dengan situs web

Saat konten utama Anda dibuat untuk YouTube, sulit untuk memberikan rumah baru bagi merek Anda. Tentu, Anda dapat membagikan video Anda di jejaring sosial lain, dan Anda harus melakukannya, tetapi situs web video harus menjadi rumah saluran YouTube Anda yang jauh dari rumah.

Keuntungan besar membuat situs web untuk saluran Anda adalah Anda adalah pemilik semua yang ada di situs Anda. Pada dasarnya, Anda tidak terbatas pada apa yang ditawarkan platform media sosial. Oleh karena itu, situs Anda memiliki semua manfaat YouTube tanpa batasan apa pun.

Dengan pembuat video, Anda dapat dengan mudah menyinkronkan saluran YouTube ke situs Anda, memungkinkan integrasi yang mulus dari video Anda ke situs web Anda. Itu berarti lebih banyak penayangan di video Anda langsung dari situs Anda. Anda juga memiliki opsi untuk menjual video, menyewanya, atau bahkan menyiapkan paket berlangganan bulanan. Anda dapat memulai dengan salah satu templat situs web video yang dapat disesuaikan ini yang memiliki semua fitur bawaan yang Anda butuhkan.

11. Belajar dari analitik YouTube

Bahkan yang terbaik pun bisa melakukannya dengan lebih baik. Beberapa fitur YouTube, seperti bagian analitik khusus untuk saluran Anda, memungkinkan Anda melihat kinerja video Anda. YouTube Analytics akan memungkinkan Anda mendapatkan wawasan tentang orang-orang yang menonton video Anda, yang memungkinkan Anda untuk lebih mengasah demografi target Anda lebih jauh.  

Ini juga akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang mengapa satu video mungkin berkinerja lebih baik daripada yang lain. Pada dasarnya, ini adalah alat yang ampuh yang harus Anda manfaatkan untuk saluran Anda yang berkembang dan upaya pemasaran YouTube di masa depan.

Post a Comment for " 11 Langkah Untuk Menjadi YouTuber Sukses"