Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Domain : Pengertian Dan Fungsi Domain

Apa Itu Domain


Setelah membahas tentang pengertian hosting, kali ini saya akan membahas mengenai apa itu domain dan apa fungsinya domain.

Anda pasti pernah mengunjungi suatu website. Di dalam website ada struktur url berupa nama domain misalnya clicktri.com.

Tanpa sebuah nama domain, maka website tidak akan pernah bisa online dan tidak bisa di akses. Domain adalah sebuah istilah yang mungkin sering kita dengar di dunia maya. 

Namun, mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui apa sebenarnya pengertian domain. Yuk, simak selengkapnya tentang pengertian domain dan fungsi domain.

Apa Itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer supaya lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. 

Supaya website bisa online dan bisa di akses melalui internet, maka kita harus memiliki sebuah nama domain.

Dimana kita bisa mendapatkan sebuah nama domain?

Untuk mendapatkan sebuah nama domain, kita harus menentukan nama domain yang kita ingin gunakan terlebih dahulu. 

Perlu kita ketahui juga, bahwa apabila nama domain yang anda inginkan sudah dibeli orang lain, anda tidak akan bisa lagi memakai nama domain tersebut. 

Misalnya, anda ingin membeli domain clicktri.com, tapi ternyata nama domain tersebut sudah dimiliki orang lain (unavailable), maka nama domain tersebut tidak bisa lagi anda beli. 

Sebelum membeli nama domain yang anda inginkan, sebaiknya anda cek terlebih dahulu di situs whois.com / who.is untuk mengecek ketersediaannya. 

Oleh karena itu, apabila kita ingin membeli sebuah nama domain, maka kita harus segera membeli nama domain itu sebelum diambil orang lain.

Selanjutnya, anda bisa memilih ekstensi domain apa yang akan anda gunakan. Kemudian, membeli domain pada provider domain. Saat ini, sudah banyak provider domain di dunia dengan harga yang bervariasi dan bersaing.

Berbicara mengenai ekstensi domain atau dikenal dengan Top – Level Domain (TLD), ada 2 jenis ekstensi domain TLD, antara lain:

Ekstensi Domain General – Top Level Domain

Ekstensi Domain G – TLD adalah ekstensi pada akhir nama domain universal yang digunakan di seluruh dunia, seperti .com, .net, .co, .biz, .org, .info dll 

Ekstensi Domain Country Specific – Top Level Domain

Ekstensi domain TLD satu ini adalah ekstensi domain yang dibuat khusus untuk masing – masing negara di seluruh dunia. Misal, ekstensi domain .uk untuk negara kawasan Britania Raya (United Kingdom), .sg untuk negara Singapura, .my untuk negara Malaysia dan .id untuk negara Republik Indonesia.

Untuk ekstensi domain .id sendiri ada banyak macam sesuai kegunaannya, antara lain:

.id, .my.id, .web.id untuk website personal

.co.id untuk website perusahaan

.sch.id untuk website sekolah

.ac.id untuk website universitas

.or.id untuk website organisasi

.go.id untuk website pemerintahan.

Fungsi Domain

Fungsi Domain adalah untuk memudahkan user yang terhubung ke jaringan internet untuk bisa mengakses suatu website maupun blog, selain itu Domain juga mempermudah kita untuk mengingat alamat situs web tanpa harus memasukan alamat ip address untuk mengakses web server tersebut.

Sebagai contoh saat anda ingin mengakses situs website google.co.id maka anda tidak perlu mengakses web server google.co.id dengan alamat ip nya. 

Kita tahu bahwa google.co.id memiliki alamat ip 103.234.122.234. Sebenarnya saat anda mengakses alamat ip tersebut didalam browser, maka anda juga akan diarahkan pada halaman utama dari google.co.id. Sebaliknya saat anda mengakses google.co.id maka anda akan diarahkan pada alamat ip 103.234.122.234.

Penutup : Itulah sedikit ulasan tentang apa itu domain  dan fungsinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. 

Post a Comment for "Apa Itu Domain : Pengertian Dan Fungsi Domain"