Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jika Internet Banking Terblokir Apakah ATM Juga Ikut Terblokir

Jika Internet Banking Terblokir Apakah ATM Juga Ikut Terblokir

Internet banking
memudahkan kita untuk melakukan berbagai transaksi perbankan hanya dengan menggunakan smartphone ataupun komputer. Namun, sering kali kita merasa jengkel kalau internet banking yang kita gunakan terblokir.

Hal ini tidak hanya terjadi satu atau dua kali, tapi kadang bisa berkali-kali. Lalu apakah jika internet banking terblokir apakah ATM juga ikut terblokir?

Jika Internet Banking Terblokir Apakah ATM Juga Ikut Terblokir

Pertanyaan di atas akan saya jawab di artikel ini. Namun sebelumnya saya akan membahas terlebih dahulu apa itu internet banking, fitur internet banking dan penyebab internet banking terblokir.

Apa Itu Internet Banking

Internet banking merupakan sebuah layanan yang di gunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui jaringan internet.

Juga merupakan kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi lainnya yang di akses melalui website resmi milik bank.

Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dan pihak bank dengan mudah tanpa harus datang ke kantor bank. Nasabah dapat menggunakan perangkat smartphone, desktop, laptop, tablet, yang terhubung ke jaringan internet sebagai penghubung antara perangkat nasabah dengan sistem bank.

Baca Juga : Langkah-Langkah Daftar Internet banking Bri

Fitur internet banking

Adapun fitur layanan internet banking antara lain adalah Informasi umum rekening tabungan/giro, rekening deposito, informasi mutasi rekening, transfer dana, baik transfer antar rekening maupun antar bank, pembelian pulsa, layanan informasi seperti suku bunga dan kurs,
pembayaran, misalnya pembayaran telepon, internet, kabel TV, listrik dan berbagai jenis pembayaran lainnya.

Cara Kerja internet Banking

Untuk menggunakan layanan internet banking, nasabah di haruskan memiliki user id, password, token atau One Time Password (OTP), dan juga jaringan internet. User id, password, dan  token bisa di dapatkan dengan cara mendaftarkan ke pihak bank.

Pada saat menggunakan internet banking, nasabah harus memastikan website yang diakses adalah website internet banking milik bank, lalu nasabah akan diminta untuk memasukkan user id dan password pada halaman utama atau halaman login.

Pada saat melakukan transaksi finansial, nasabah akan diminta untuk memasukkan OTP yang diperoleh dari token.  Setelah transaksi selesai, nasabah juga harus memastikan telah logout/keluar dari halaman website internet banking. Bank akan mengirimkan notifikasi melalui e-mail sebagai bukti bahwa anda telah melakukan transaksi.

Penyebab Internet Banking Terblokir

Jika internet banking anda terblokir anda harus secepatnya mengurus. Karena Kalau tidak, Anda tidak bisa melakukan transaksi menggunakan layanan tersebut. baik melalui aplikasi ataupun melalui aplikasi. Jika anda butuh melakukan transaksi bank mau nggak mau harus menggunakan ATM atau langsung datang ke kantor unit kerja bank. Itupun jika kartu ATM tidak ikut terblokir.

Ada bermacam-macam penyebab internet banking terblokir. Hal ini tidak selalu dari kesalahan pengguna, namun juga bisa dikarenakan pihak bank yang sengaja memblokir internet banking. Yang pasti ada alasan tertentu jika pihak bank terpaksa memblokir internet banking milik nasabah.  Begitu juga dengan Anda, jika dalam kondisi yang dibutuhkan, anda diperbolehkan meminta pemblokiran internet banking pada rekening tabungan.

Salah memasukkan password ataupun PIN token

jika nasabah melakukan kesalahan ini sebanyak tiga kali berturut-turut maka internet banking akan otomatis terblokir. Sekilas sistem ini terasa menjengkelkan. Padahal untuk mencegah orang lain melakukan percobaan login.

Sengaja diblokir bank

Jika rekening milik Anda dicurigai melalukan transaksi yang tidak wajar, bisa saja pihak bank memblokir semua layanan internet e-banking. Di antaranya adalah kartu ATM, SMS banking, mobile banking, dan juga internet banking. Hal ini di lakukan oleh pihak bank demi keamanan saldo yang ada di rekening bank nasabah.

Permintaan nasabah

- Ini dalam kondisi tertentu harus Anda lakukan. Misalnya, smartphone anda hilang atau ada orang lain yang mengetahui user ID dan password internet banking Anda. Supaya tidak disalahgunakan, sangat disarankan Anda meminta pemblokiran sementara. Caranya bisa melalui layanan call center ataupun kantor cabang terdekat.

penghapusan akun internet banking

Sebenarnya ini bukan pemblokiran, melainkan penghapusan akun. Ini akan dilakukan secara otomatis oleh pihak bank jika Anda Menutup rekening. Atau mungkin rekening masih aktif tapi anda tidak ingin menggunakan layanan internet banking lagi.
Untuk cara mengatasi internet banking yang terblokir, anda bisa membacanya disini.

Jika Internet Banking Terblokir Apakah ATM Juga Ikut Terblokir

Sesuai pengalaman saya menggunakan internet banking yang sudah terblokir berkali-kali, atm tidak akan terblokir meskipun internet banking terblokir.
Penggunaan atm bisa di lakukan normal seperti biasa. Jadi sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan masalah pemblokiran, terkecuali memang ada masalah dengan akun bank anda yang mengharuskan pihak bank untuk memblokir semua akses yang anda miliki termasuk internet banking dan juga atm.

Call Center Bank-Bank Di Indonesia

Jika anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, anda bisa Menghubungi call center bank-bank Indonesia dari bri, bca hingga mandiri.

Berikut ini adalah daftar beberapa call center bank-bank yang ada di Indonesia:

Bank Mandiri

Email: mandiricare@bankmandiri.co.id
Facebook: @bankmandiricare
Twitter: @mandiricare
Telegram: @bankmandiricare
Mandiri Call: 14000

Bank Syariah Mandiri (BSM)

Facebook: @syariahmandiri
Twitter: @syariahmandiri
Instagram: @banksyariahmandiri
Mandiri Syariah Call: 14040

BCA

Website: www.bca.co.id
Email: halo.bca.co.id
Twitter: @HaloBCA
Halo BCA: 1500888

BRI

Email: callbri@bri.co.id
Facebook: BRI Official Page
Twitter: kontakbri
Instagram: bankbri_id
Call BRI: 14017/1500017

Bank BRI Syariah

Facebook: BRI Syariah
Twitter: @BRISyariah
Instagram: BRISyariah
Call BRI Syariah: 1500 789

Bank BNI

Website: www.bni.co.id
Facebook: @BNI
Twitter: @BNI
Instagram: @bni46
BNI Call: 1500046

Bank BNI Syariah

Facebook: @BNISyariah
Twitter: @BNISyariah
Instagram: @bni.syariah
BNI Syariah Call: 1500046

Post a Comment for "Jika Internet Banking Terblokir Apakah ATM Juga Ikut Terblokir"